Heboh, Fenomena Aneh Ombak Pasang Yang Berwarna Merah Terjadi di Teluk Lampung

Ditulis oleh:
- -
Asyik Seru — Ketika itu selain cuaca ekstrem, fenomena pasang merah yang mengakibatkan matinya puluhan ribu ikan di Teluk Lampung di picu oleh tingginya pencemaran di perairan. Polutan merupakan sumber nutrisi bagi fitoplankton yang sepekan terakhir meledak populasinya.

Heboh, Fenomena Aneh Ombak Pasang Yang Berwarna Merah Terjadi di Teluk Lampung

Hal ini dikemukakan Endang L Widiastuti, yang merupakan dosen Ilmu Biologi Kelautan Universitas Lampung, Rabu (19/12/). 
”Polutan bisa berasal dari limbah rumah tangga, industri, ataupun budidaya perikanan intensif. Arus dan kondisi perairan di Teluk Lampung yang tenang mendorong meledaknya populasi plankton,” ujarnya.
Puluhan ribu ikan berbagai jenis, terutama yang dibudidayakan di keramba jaring apung, di Teluk Lampung mati. Warna perairan berubah menjadi coklat kemerahan.

Di pesisir Teluk Lampung saat ini berdiri banyak pabrik, industri batu bara, dan tambak udang intensif. Perairan Teluk Lampung bagian utara juga dipenuhi limbah rumah tangga.

Mulia Bangun Sitepu yang merupakan Ketua Forum Komunikasi Kerapu Lampung, mengatakan bahwa fenomena pasang merah baru pertama terjadi di Teluk Lampung. Hal itu tidak terlepas dari semrawutnya tata ruang di Teluk Lampung. 
”Sejak lama, kami mendesak perlunya zonasi peruntukan,” tutur Sitepu.
Penyelia Laboratorium Kualitas Air Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut Lampung, Muawanah, mengatakan bahwa meledaknya populasi fitoplankton rata-rata hanya dua pekan. Namun sejauh ini belum ada solusi untuk mengatasi ledakan Cochlodinium polykrikoides beracun itu.
Demikian artikel tentang Heboh, Fenomena Aneh Ombak Pasang Yang Berwarna Merah Terjadi di Teluk LampungRating:5Reviewer:Cantik Ayu!- ItemReviewed:Heboh, Fenomena Aneh Ombak Pasang Yang Berwarna Merah Terjadi di Teluk Lampung. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi,but people call me Wandi. Here is my homepage:paling--seru.blogspot.com. I live in Indonesian,NM and work as an CEOat Asyik Seru. Agus Wandi—Artikel Review Rating:5out of 5based on 7799999reviews.

0komentar"Heboh, Fenomena Aneh Ombak Pasang Yang Berwarna Merah Terjadi di Teluk Lampung",Baca atau Masukkan Komentar