Wah Ternyata ini Dia Monster yang Tak Kasat Mata

Ditulis oleh:
- -

Biasanya foto-foto objek ruang angkasa akan terlihat sangat indah dan mengagumkan. Yang paling menarik lagi adalah foto-foto ruang angkasa ini memperlihatkan kepada kita tentang hal-hal yang tak terlihat oleh mata manusia.


Buktinya foto yang satu ini juga demikian. Di tengah-tengah foto ini terdapat monster tak kasat mata bernama lubang hitam supermasif. Ahli petak-umpet ini lebih sulit lagi untuk diselidiki karena bersembunyi di balik awan debu yang tebal di tengah-tengah galaksi tempat kediamannya. 


Tentunya bola cahaya yang kalian lihat ini merupakan jejak-jejak cahaya yang tidak bisa dilihat oleh mata kita begitu saja. Warna pink menunjukkan cahaya radio, sedangkan sinar-X diperlihatkan dalam warna biru. 


Siapa sangka ada monster tak kasat mata di tengah foto ini: si lubang hitam! Dan dia menyebabkan terjadinya semburan terdahsyat sejagat raya!
Wah Ternyata ini Dia Monster yang Tak Kasat Mata

Perlu untuk diketahui, lubang hitam bukanlah ruang kosong. Jangan terkecoh dengan namanya, ya. Lubang hitam adalah materi yang banyak sekali tapi menempati ruang yang sangat kecil.

Massanya sekitar 100 juta kali massa Matahari! Menurut para ilmuwan setiap benda yang lewat terlalu dekat dengan si lubang hitam bakal tersedot dan tidak bisa meloloskan diri, bahkan termasuk cahaya. 


Nah, itulah sebabnya kenapa kita tidak bisa melihat lubang hitam, bahkan teleskop yang bisa mendeteksi sinar-X, gelombang radio, dan jenis cahaya lainnya pun tidak bisa. 


Namun, satu-satunya cara supaya kita bisa mengetahui dimana lubang hitam adalah dengan mendeteksi efek yang ditimbulkannya pada objek-objek lainnya. 


Sebagai contohnya, bagian berwarna biru sepanjang tepi galaksi di foto ini menunjukkan dimana semburan energi-tinggi telah menembus gumpalan debu galaksi. 


Semburan itu berasal dari partikel-partikel yang menjadi panas ketika tertarik menuju lubang hitam. Oleh karena itu partikel-partikel tersebut mendapatkan energi untuk kabur dari lubang hitam dengan kecepatan jutaan kilometer per jam! Tampak dua jet pink yang menyembur ke arah utara dan selatan galaksi. 


Dan ternyata lubang hitam bukan satu-satunya objek di alam semesta yang tidak bisa kita lihat. Para astronom masih belum bisa memecahkan misteri "Energi gelap" dan "materi gelap" yang mengisi 97 persen alam semesta kita ini. Kurang dari 5 persen alam semesta kita di isi oleh materi "normal".


Demikian artikel tentang Wah Ternyata ini Dia Monster yang Tak Kasat MataRating:5Reviewer:[]- ItemReviewed:Wah Ternyata ini Dia Monster yang Tak Kasat Mata. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi,but people call me Wandi. Here is my homepage:paling--seru.blogspot.com. I live in Indonesian,NM and work as an CEOat Asyik Seru. Agus Wandi—Artikel Review Rating:5out of 5based on 7799999reviews.