9 Fakta Unik dan Menarik Seputar Tidur Yang Wajib Kamu Tahu!

Ditulis oleh:
- -

Selama ini apakah kamu tahu bahwa lebih dari 45 persen dari seluruh pria dewasa pernah mendengkur saat tidur? Dan apa kamu sadar bahwa 25 persen di antaranya selalu mendengkur setiap tidur? Manusia menghabiskan sebagian besar waktu di hidupnya untuk tidur. Lalu seberapa penting kah tidur untuk kesehatan? Apa saja fakta-fakta tentang tidur? Nah, untuk lebih jelasnya simak yang berikut ini dan kamu pasti mengetahui beberapa fakta unik tentang tidur. 

1.  Mimpi Orang Buta
Orang buta masih dapat melihat gambar saat tidur. Manusia yang terlahir buta bakal memimpikan tentang emosi, suara, bau dan sentuhan.


Fakta menarik lain tentang mimpi adalah manusia bakal melupakan 50 persen mimpinya lima menit setelah terbangun. 10 Menit kemudian, hanya 10 persen dari mimpi manusia yang teringat. 

2. Pengaruh Televisi 
Manusia hanya 12 persen bisa bermimpi dengan 'layar' hitam putih. Angka itu terus berkembang hingga akhirnya televisi berwarna ditemukan. 


Sejak itu lebih banyak manusia yang bisa bermimpi dengan 'layar' berwarna.

3. Kurang Tidur
Manusia bakal meninggal bila 14 hari tidak makan. Nah, kematian bakal menjemput manusia lebih cepat bila tidak tidur dalam waktu 10 hari. 


Tentu saja didahului dengan rasa lemas dan tak bertenaga serta beberapa gejala lainnya.

4. Fakta Mimpi
Sebuah fakta yang diungkap di Situs Reality Pod mengatakan bahwa 70 persen mimpi pria adalah tentang pria lain. Sedangkan wanita memiliki porsi yang sama tentang memimpikan pria dan wanita.


Fakta lainnya adalah kita hanya akan memimpikan wajah yang pernah kita lihat, terlepas kita mengingat wajah itu atau tidak.

5. Tidur Hewan
Koala adalah binatang yang paling lama tidur dalam sehari (22 jam), diikuti oleh kelelawar (19,9 jam). Sedangkan trenggiling memanfaatkan 18 jam dalam sehari untuk tidur.


Sementara itu jerapa merupakan binatang paling sedikit tidur dalam satu hari (1,9 jam). Rusa berada di tempat kedua (3,09 jam, selisih beberapa menit dibanding gajah Asia (3,1 jam).

Namun khusus lumba-lumba, pada saat tertidur, hanya separuh dari otak mereka yang tertidur. Separuh lainnya tetap terjaga untuk membantu sistem pernafasan.

6. Durasi Tidur Yang Ideal
Berapa jam dalam sehari kamu tidur? Ada baiknya bila kamu memperhatikan durasi jam tidur yang ideal berikut ini.


Bayi: 16 jam
3-18 tahun: 10 Jam
19-55 tahun: 8 jam
Lebih dari 65 tahun: 6 jam 
7. Fakta Tidur Suami Istri
Sebuah fakta menarik juga diungkap di Situs Reality Pod. Satu dari empat pasangan suami istri ternyata memilih tidur di ranjang terpisah. 


Bisa jadi salah satunya memilih tidur di sofa atau depan televisi. Bukan berarti mereka bertengkar kan? 

8. Yang terjadi saat tidur
Ada beberapa hal penting yang positif terjadi saat kita tidur. Satu yang pasti, otak kita bakal kembali segar layaknya smartphone yang baru di-restart. 


Sebagian sel juga melakukan perbaikan sehingga tubuh menjadi lebih segar ketika bangun.

9. Fakta Lain Mimpi 
Masih tentang mimpi, seperti yang kita ketahui manusia normal sudah sewajarnya bermimpi. 


Fakta Lain Mimpi

Namun sebaliknya, apabila manusia yang jarang bermimpi kemungkinan besar sedang memiliki masalah pribadi.

Demikian artikel tentang 9 Fakta Unik dan Menarik Seputar Tidur Yang Wajib Kamu Tahu!Rating:5Reviewer:Indah!- ItemReviewed:9 Fakta Unik dan Menarik Seputar Tidur Yang Wajib Kamu Tahu!. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi,but people call me Wandi. Here is my homepage:paling--seru.blogspot.com. I live in Indonesian,NM and work as an CEOat Asyik Seru. Agus Wandi—Artikel Review Rating:5out of 5based on 7799999reviews.