10 Sungai Yang Dianggap Paling Kotor dan Tercemar di Dunia

Ditulis oleh:
- -

Demi kelangsungan makhluk hidup di dalamnya, Tuhan menciptakan bumi ini dengan segala hal yang indah. Dengan pegunungan yang memukau, sumber-sumber air yang mengalir dengan indah sampai di lautan.

Semenjak makhluk hidup pertama ada di bumi ini menyadari bahwa segala hal ciptaan Tuhan selalu tersaji dengan indah. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, makhluk hidup yang kebanyakan manusia seakan merusak alam ini.

Namun dengan berbagai alasan, salah satu karya Illahi yang kerap kali menjadi rusak bahkan polusi berkat campur tangan manusia adalah sungai. Maka tak heran, jika di dunia ini banyak sungai-sungai yang kotor. Tapi dari ribuan sungai di bumi ini, ada 10 yang dianggap terburuk di dunia. Kira-kira sungai apa saja ya?

1. Sungai Citarum - Indonesia
Terkejut mengetahui sungai paling terburuk di dunia? Ya, kamu tak salah membaca. Karena sungai paling buruk di dunia dimiliki Indonesia yakni tepatnya sungai Citarum yang mengalir di Jawa Barat. 


Sungai ini adalah kolam sampah meskipun sebenarnya adalah sumber air untuk pertanian dan kehidupan warga. Pada Desember 2008, Bank Pembangunan Asia menyetujui pinjaman USD 50 juta (sekitar Rp 500 miliar) untuk membersihkan nya. Apakah yakin bisa langsung bersih?

2. Sungai Ganga - India
Menjadi salah satu sungai suci bagi umat Hindhu di India, Ganga memang berasal dari karang es gangotri. Hampir dua juta penduduk India melakukan mandi ritual di sungai yang benar-benar tak nyaman untuk mandi ini. 


Banyaknya pembuangan kimia, termasuk mayat mengapung menjadi hiasan di sungai Ganga yang sangat buruk.

3. Sungai Yamuna - India
Melihat fotonya kamu pasti sudah tahu alasannya. Sungai Yamuna sangat terpolusi karena 58 persen sampah New Delhi mengalir ke sini. Lebih dari RS 17 miliar (Rp 370 miliar) dikeluarkan untuk membersihkan sungai ini. 


Karena lelah, bahkan pemerintah India sudah angkat tangan dan menyerah membersihkan sungai Yamuna. Apa kamu juga menyerah melihatnya saja?

4. Sungai Songhua - China
Sungai ini berada di kawasan utara China. Pada tahun 2005 silam, sungai Songhua ini terkontaminasi dengan zat kimia bensin sehingga terpaksa ditutup sebagai sumber air untuk kawasan Harbin. 


Jadi tak heran apabila banyak habitat ikan meninggal sia-sia karena masalah itu.

5. Sungai Buriganga - Bangladesh
Apa yag membuat sungai utama di samping ibukota Bangladesh, Dhaka ini bermasalah? Sederhana saja, sungai Buriganga dianggap sangat buruk karena banyak makhluk mati yang mayatnya entah mengapung atau mengendap di sungai ini. 


Belum lagi polutan berbahaya, tak usah banyak pikir, hindari saja sungai Buriganga.

6. Sungai Missisippi - Amerika Serikat
Merupakan sumber kekayaan alam di Amerika Serikat, sungai Missisippi rupanya menjadi 40 persen dari jumlah Sumber Daya Alam di negeri adikuasa tersebut. 


Buruknya, Missisippi juga membawa sekitar 1,5 juta metric ton polusi nitrogen yang dibawa mengalir ke lautan Gulf Meksiko setiap tahunnya. Masih menjadi sumber kekayaan alam?

7.  Sungai Kuning - China
Sungai ini sudah lama dikenal sebagai sungai terbesar kedua dan sumber air bagi jutaan penduduk Republik Rakyat China di bagian Utara. 

Sungai Kuning - China

Namun rupanya kini sungai Kuning sudah menjadi sumber air dan terkena polusi kontaminasi limbah industri. Melihat gelembung kimia berwarna kuning di sini, menjijikkan membayangkan masih mengambil airnya bukan?

8. Sungai Sarno - Italia
Sungai ini mengalir melewati kawasan Pompeii sampai Naples di negara Italia. Sarno memang menjadi sungai yang paling terpolusi di benua Eropa lantaran mengandung limbah yang kebanyakan berasal dari kegiatan pertanian dan industri setempat. 


Air yang bermuara sampai di teluk Naples ini juga mempengaruhi polusi lautan.

9. Sungai Marilao - Filipina
Plastik, sandal karet, sampai ranting pohon pisang adalah beberapa sampah yang wajar terlihat di sungai Marilao ini. Tak hanya dipenuhi benda padat, air di sungai ini mengandung racun kimia seperti koper, kromium, dan arsenik (ya, arsenik!) yang membuat air di sini sangat berbahaya. 


Meskipun pemerintah Filipina sudah memberikan denda tinggi, namun masyarakat dan pabrik di sekitarnya tetap tak peduli membuang sampah nya. Butuh hukuman lebih berat sepertinya.

10. Sungai King - Australia
Sungai yang terletak di Australia ini dianggap kotor karena aktifitas penambangan di sekitarnya. Ada kurang lebih 1,5 juta ton sulfidic mengalir ke sungai King setiap tahun semenjak 1995. 


Jika dihitung sampai sekarang sudah ada 100 juta ton sulfidic. Meski jika kamu melihat sungai ini tak tampak kotor, namun kontaminasi sungai ini adalah limbah senyawa kimia yang berbahaya bagimu.

Demikian artikel tentang 10 Sungai Yang Dianggap Paling Kotor dan Tercemar di DuniaRating:5Reviewer:Unknown- ItemReviewed:10 Sungai Yang Dianggap Paling Kotor dan Tercemar di Dunia. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi,but people call me Wandi. Here is my homepage:paling--seru.blogspot.com. I live in Indonesian,NM and work as an CEOat Asyik Seru. Agus Wandi—Artikel Review Rating:5out of 5based on 7799999reviews.