5 Negara di Dunia yang Paling Besar Memberikan Subsidi BBM pada Rakyatnya

Ditulis oleh:
- -

Ternyata selain Indonesia ada juga negara lain yang memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya sehingga harga jual BBM menjadi murah, sama dengan di Indonesia ternyata negara-negara yang memberikan subsidi BBM juga mengalami malah boros nya angaran negara yang keluar akibat dari subsidi BBM tadi. Nah berikut ini ada 5 negara yang paling besar memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya. Kamu mau tahu negara mana saja itu? Langsung simak yang berikut ini.

1. Arab Saudi 
Pemerinta Arab Saudi tercatat memberi sekitar USD 60 miliar atau Rp 583,3 triliun. Digambarkan bahwa di Arab harga satu galon bensin lebih murah dibandingkan dengan sebotol air karena mendapatkan subsidi yang besar dari pemerintah. 


Harga minyak yang sangat murah memicu konsumsi dari masyarakat secara besar-besaran. Pemerintah Arab Saudi tidak berani untuk mencabut pengeluaran subsidi energi nya karena khawatir dapat menyebabkan pemberontakan politik.

2. Venezuela 
Pemerintah Venezuela memberikan dana subsidi BBM sekitar USD 25 miliar atau Rp 243 triliun. Murahnya harga BBM ini menjadi salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Venezuela mengklaim pemberian subsidi tersebut dibarengi dengan upaya pembangunan budaya masyarakat dan semangat untuk menghemat serta melestarikan sumber daya alam yang tak bisa diperbarui. 


Venezuela menyadari pengguna paling boros energi di negaranya adalah instansi pemerintahan. Oleh karenanya dengan adanya aturan tersebut diharapkan pemborosan dapat dikurangi dan budaya penghematan energi dapat tercipta. Venezuela kini sedang mempersiapkan dan berupaya mengarah pada penciptaan tenaga listrik yang bersumber dari angin.

3. Rusia dan India 
Dua negara ini memberi dana subsidi BBM kepada masyarakatnya sekitar USD 40 miliar atau Rp 388,8 triliun. Sekitar 60 persen gas alam yang dihasilkan Rusia dijual dengan harga murah karena di subsidi pemerintah. Konsumen utamanya para pebisnis Rusia, swasta, dan sistem pemanas yang tidak efisien. Sementara di India seperempat dari 1,2 miliar penduduknya masih hidup di bawah garis kemiskinan. 


Namun subsidi bahan bakar minyak yang tinggi ini tidak dinikmati warga miskin malah cenderung dinikmati orang kaya. Akibat besarnya subsidi India membuat negara ini mencatatkan defisit yang mengancam pertumbuhan ekonominya. Pemerintah India menargetkan defisit anggaran 5,1 persen dari produk domestik bruto (PDB) tahun fiskal 2012-2013 dengan menjaga subsidi BBM di angka kurang dari 2 persen PDB.

4. Mesir 
Pemerintah Mesir,  memberikan subsidi BBM pada masyarakatnya sekitar USD 23 miliar atau Rp 223,6 triliun.? Harga bensin di Mesir termasuk terendah di dunia. 


Meski pun Mesir merupakan negara penghasil minyak dalam jumlah besar, negara ini mengonsumsi 90 persen bahan bakar untuk kebutuhan dalam negeri. Pemerintah Mesir ke depan akan mengetatkan anggaran subsidi energi ini demi mendapat pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF) untuk pemulihan ekonomi nya.

5. Iran 
Pemerintah Iran memberikan subsidi BBM sebesar USD 80 miliar atau sekitar Rp 777,7 triliun. Tingginya besaran subsidi BBM ini disadari pemerintahan Iran yang selanjutnya memutuskan untuk menghapuskannya secara bertahap. Pemerintah Iran menyadari bahwa negaranya memiliki cadangan gas yang sangat besar dan inilah yang di optimalkan. 


Pemerintah Iran melihat apabila rakyat menggunakan bahan bakar gas, maka Iran akan menghemat sangat banyak uang untuk subsidi dan bahkan menghasilkan banyak keuntungan karena cadangan minyaknya dapat dijual ke negara lain. Inilah yang secara sistematis dilakukan Iran dan dilakukan secara berkelanjutan meski kepala negaranya telah berganti-ganti.

Nah itulah 5 negara di dunia yang paling besar memberikan subsidi BBM pada rakyatnya.


Demikian artikel tentang 5 Negara di Dunia yang Paling Besar Memberikan Subsidi BBM pada RakyatnyaRating:5Reviewer:Anonymous- ItemReviewed:5 Negara di Dunia yang Paling Besar Memberikan Subsidi BBM pada Rakyatnya. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi,but people call me Wandi. Here is my homepage:paling--seru.blogspot.com. I live in Indonesian,NM and work as an CEOat Asyik Seru. Agus Wandi—Artikel Review Rating:5out of 5based on 7799999reviews.