Tuesday

Ditemukan Reruntuhan dari Istana Nabi Daud di Khirbet Qeiyafa


Tim arkeolog dari Hebrew University dan Israel Antiquities Authority telah berhasil menemukan situs peninggalan istana nabi Daud di Khirbet Qeiyafa. Khirbet Qeiyafa merupakan situs kota kuno yang berada di dekat kota Beit Shemesh, Israel dan berjarak sekira 20 mil dari Yerusalem. 

Ditemukan Reruntuhan dari Istana Nabi Daud di Khirbet Qeiyafa

Disini, para Arkeolog berhasil menemukan jejak bekas sebuah istana dan peradaban kota besar dan diperkirakan ini merupakan sebuah istana Nabi Daud yang sudah ada sejak abad ke-10 pada masa kejayaan Kerajaan Yehuda. 

Kota  besar yang ada di masa kejayaan Kerajaan Yehuda ini diberi nama kota Alkitab Shaarayim. Adapun dalam penemuan reruntuhan kota ini ditemukan struktur bangunan yang dipercaya sebagai istana Nabi Daud. 
“Khirbet Qeiyafa merupakan contoh terbaik untuk tanggal sebuah kota benteng dari zaman Nabi Daud. Bagian selatan istana besar yang diperpanjang meliputi area 1.000 meter persegi,” ungkap peneliti, seperti dikutip Sciencedaily, Senin (22/7). 
Di lokasi ini selain istana Nabi Daud, juga ditemukan berbagai Industri seperti industri logam, perkakas tembikar khusus dan fragmen perkakas ‘alabaster’ yang diimpor dari Mesir. 

Lokasi istana ini ditemukan tepat ditengah tengah situs yang merupakan bekas kota besar di masa itu, lokasi yang berada di tengah tengah kota membuat Istana Nabi Daud menjadi sangat strategis dan mudah untuk memberikan pesan ke rakyat dan pasukan melalui sinyal-sinyal api. 

Oleh karena ditemukannya situs bersejarah di Khirbet Qeiyafa dan pentingnya temuan tersebut sehingga membuat Israel Antiquities Authority bekerjasama dengan Nature and Parks Authority serta pihak terkait untuk membatalkan konstruksi atau pembangunan di sekitar lokasi. Mereka juga akan mendeklarasikan area tersebut sebagai situs taman nasional.