Berhati-Hati Ada Serangga Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Menular Mirip AIDS

Ditulis oleh:
- -
Berhati-Hati Ada Serangga Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Menular Mirip AIDS

Asyik Seru — Tak seorang pun yang ingin sakit, agar terhindar dari penyakit hal yang bisa kita lakukan adalah pencegahan. Salah satunya yaitu mengetahui sumber penyakit tersebut.

Serangga pengisap darah ini dijuluki “AIDS baru di benua Amerika” oleh para ahli. Serangga bernama Triatome ini menyebarkan parasit yang mengakibatkan penyakit Chagas.

Penyakit ini, menurut sebuah studi baru, memiliki kesamaan dengan penyebaran awal HIV. Chagas ini sangat sulit untuk di deteksi dan butuh waktu bertahun-tahun untuk memunculkan suatu gejala. 

Berdasarkan hasil penelitian yang ditulis dalam jurnal PLoS Neglected Tropical Diseases menyatakan penderita terbanyak ada di Bolivia, Meksiko, Kolombia, dan Amerika Tengah, serta sekitar 30 ribu orang di AS.

Hampir sama seperti HIV, penyebaran antar-manusia terjadi melalui transfusi darah atau dari ibu kepada anaknya. Sekitar seperempat dari korban yang terjangkit penyakit ini memiliki jantung atau usus yang terus membesar. Sewaktu-waktu, kedua organ ini bisa pecah dan menyebabkan kematian mendadak.

Diperkirakan ada sekitar 10 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi penyakit ini. Pada tahun 2008 penyakit Chagas telah menewaskan lebih dari 10.000 orang.

Penyakit yang semula hanya ada di Amerika Latin ini telah menyebar ke AS karena peningkatan perjalanan dan imigrasi. Chagas umum mempengaruhi orang di daerah miskin dan di AS ditemukan di kalangan pekerja migran.

Apabila terdeteksi cukup dini, penyakit ini dapat dicegah dengan pengobatan tiga bulan secara intens. Namun, karena masa inkubasi panjang dan obat yang mahal, Chagas sering tak diobati.

Chagas juga dikenal sebagai Trypanosomiasis Amerika. Penyakit ini biasanya ditularkan dari gigitan serangga penghisap darah Triatome yang melepaskan parasit yang disebut Trypanosoma cruzi ke dalam aliran darah korban. 

Spesies ini termasuk Triatomids, kumbang bersayap hitam yang sekitar 20 milimeter panjangnya. Anggota rumpun terdekat mereka adalah lalat Tsetse, ditemukan di Afrika, yang menyebabkan “penyakit tidur” setelah menginfeksi tubuh dan membuat otak penderita membengkak.

Penyakit Chagas datang dalam dua fase: akut dan parah. Fase akut dapat tidak tiba-tiba demam, meriang, dan pembengkakan pada salah satu mata. Setelah fase akut penyakit ini masuk ke remisi dan butuh waktu bertahun-tahun sebelum sampai pada gejala seperti sembelit, sakit perut, dan masalah pencernaan dalam tahap serius. Nantinya, parasit ini akhirnya dapat membuat jalan ke jantung tempat dia dapat hidup dan berkembang biak.

Penyakit ini dinamai Carlos Ribeiro Justiniano Chagas oleh seorang dokter Brasil yang pertama kali menemukan penyakit ini pada tahun 1909. Untuk itu waspadalah terhadap serangga jenis ini. Simak juga Misteri Kadal Yang Darahnya Berwarna Hijau Gegerkan Dunia.
Demikian artikel tentang Berhati-Hati Ada Serangga Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Menular Mirip AIDSRating:5Reviewer:Anonymous- ItemReviewed:Berhati-Hati Ada Serangga Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Menular Mirip AIDS. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi,but people call me Wandi. Here is my homepage:paling--seru.blogspot.com. I live in Indonesian,NM and work as an CEOat Asyik Seru. Agus Wandi—Artikel Review Rating:5out of 5based on 7799999reviews.

0komentar"Berhati-Hati Ada Serangga Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Menular Mirip AIDS",Baca atau Masukkan Komentar