Tuesday

5 Tanaman Tangguh Selain Kaktus Yang Mampu Hidup di Iklim Kering


Tahukah kamu bahwa di dunia ini ternyata masih banyak tanaman selain kaktus yang mampu bertahan di dalam kondisi lingkungan kering dan minim air. Daya tahan mereka terhadap lingkungan ekstrem bahkan sama dengan bunga-bunga yang tumbuh di atas batang kaktus. Berikut ini 5 tanaman selain kaktus yang bertahan di iklim kering.


1. Lavender 
Merupakan salah satu tanaman medis dengan wanginya yang khas. Lavender merupakan salah satu obat herbal untuk mengobati mereka yang mengalami kesulitan tidur. Warnanya yang ungu banyak memikat perhatian manusia sekaligus serangga untuk mendekatinya. 


Lavender mampu tumbuh tinggi 1 hingga mencapai 4 kaki dengan lebar 1- 4 kaki. Bunga lavender senantiasa mekar di saat musim panas tiba.

2. California Poppy (Eschscholzia californica)
Sementara tanaman yang menyelimuti kaki bukit dan lembah Sierra Nevada Bagian barat ini dikenal dengan nama California Poppy (Eschscholzia californica). Bahkan di saat musim semi tiba maka kawasan Sierra Nevada sekan menjadi lautan bunga dengan warna keemasan dan oranye. 

 California Poppy

California Poppy mampu bertahan di iklim kering, bahkan di atas bebatuan sekalipun. Tanaman yang satu ini mampu tumbuh tinggi 8 – 15 inci dengan lebar 9 – 15 inci, dan bunganya akan mekar saat musim panas tiba.

3. Moss Rose (Portulaca grandiflora) 
Merupakan salah satu tanaman ros yang memiliki daya tahan untuk hidup di lingkungan ekstrem kering. 


Portulaca memiliki warna bunga yang beragam dan bermekaran mulai dari musim panas hingga musim gugur tiba. Moss Rose mampu tumbuh tinggi 4 -8 inci dengan lebar 6 inci.

4. Artemisia
Merupakan tanaman yang memiliki toleransi terhadap lingkungan sekitarnya meski mengalami kekeringan yang cukup ekstrem. Bahkan dalam kondisi kering Atermisia mampu tumbuh tinggi hingga 1- 5 kaki dan lebar 1 – 6 kaki bergantung pada jenisnya. 


Artemisia yang memiliki warna daun abu-abu perak dan putih ini bahkan mampu tumbuh meskipun matahari bersinar singkat dan berbunga kapan saja.

5. Blanket flower (Gaillardia x granduiflora) 
Merupakan tanaman yang memiliki warna bunga cantik tersusun seperti rajutan sebuah selimut. Blanket flower termasuk tanaman yang memiliki daya tahan luar biasa untuk tumbuh di lingkungan yang kering dan gersang. 


Tanaman cantik ini mampu tumbuh tinggi hingga 2 – 3 kaki dengan lebar mencapai 1 – 2 kaki. Bunganya akan mekar selama musim panas.