Monday

5 Aturan Aneh di Lokasi Wisata Yang Terkesan Kocak Sejagad


Khususnya di negara yang memiliki 4 musim, musim panas adalah saatnya berlibur. Tempat-tempat wisata menjadi lebih ramai dari biasanya. Untuk menjaga kelestarian dan ketertiban, terkadang terciptalah peraturan aneh dari pemerintah setempat. 

Nah, berikut ini bisa kita lihat 5 peraturan unik di dunia. Seandainya Anda berniat untuk mengunjungi tempat-tempat ini sebaiknya perhatikan betul rambu atau peraturan yang ada agar tidak kena denda. 

1. Athena, Yunani - Dilarang memakai sepatu high heels
Bagi wisatawan wanita yang gemar memakai sepatu high heels, siap-siap untuk melepasnya saat melancong ke Yunani. Pemerintah setempat melarang keras wanita yang memakai sepatu tersebut saat datang ke destinasi bersejarah, seperti situs-situs kuno di Athena.

Athena, Yunani - Dilarang memakai sepatu high heels

Mengapa? Karena sepatu high heels dianggap dapat merusak lantai-lantai pada bangunan-bangunan bersejarah di sana.

2. Alabama, AS - Diizinkan menutup mata saat menyetir
Ada peraturan aneh di Alabama, negara bagian As yang berada di selatan. Di sana meyarakat dan para wisatawan diperbolehkan menyetir kendaraan dengan mata tertutup. 


Mengenai masalah ini, Telegraph pernah menulisnya. Peraturan itu dianggap berlebihan tapi benar adanya.

3. Portugal - Dilarang pipis di laut 
Peraturan ini terbilang konyol dan unik. Pemerintah melarang orang buang air kecil di perairan laut Portugal. 


Jika ada wisatawan yang ketahuan melakukannya, siap-siap untuk ditindak pidana. Tujuan sebenarnya baik, yakni untuk menjaga kebersihan pantai dan membuat orang lain serta masyarakat setempat nyaman bermain di pantai. 

4. Swiss - Dilarang menyiram toilet setelah pukul 22.00
Di balik kecantikan Pegunungan Alpen dan Danau Interlaken, Swiss ternyata punya peraturan aneh. Betapa tidak, beberapa apertemen dan penginapan di Swiss melarang wisatawan untuk menyiram toilet setelah pukul 22.00 waktu setempat.


Namun tak hanya itu, mereka juga melarang wisatawan untuk tidak buang air kecil sambil berdiri setelah pukul 22.00. Mungkin alasannya, bunyi air di toilet saat larut malam dapat menganggu kenyamanan tidur orang lain.

5. Venesia, Italia - Dilarang memberi makan merpati
Di taman kota atau sepanjang jalan Venesia banyak terdapat burung merpati yang terbang bebas. Tapi ingat, jangan coba-coba memberi mereka makan. 


Pemerintah setempat sangat resah dengan kotoran burung merpati yang ada di jalanan atau bangunan. Oleh sebab itu, denda pun menanti bagi wisatawan yang kedapatan memberi makan burung merpati.